Triple Buttom Line


SustainablityChart
Hari ahad kemarin ku mencoba mengedit draft skripsi sesorang yang mengambil tema tentang unkapan keberlanjutan perusahaan..ini semacam laporan perusahaan yang berisi tentang pengungakpan tanggung jawab sosialnya yang berhubungan dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development)

membacanya dalam satu sisi saya kagum sekaligus disisi lainnya merasa miris. Disana diceritakan bagaimana sistem perusahaan yang ada di eropa dan amerika seperti misalkan Perancis yang begitu baik dalam mengelola sebuah perusahaan, baik dari sisi perusahaannya sendiri maupun pemerintahnya.

Perusahaan tidak lagi melulu beraktifitas untuk mencari keuntungan dan materi semata, namun perusahaan sudah selayaknya manusia itu sendiri diatur sedemikian rupa supaya dapat memberikan manfaatnya secara menyeluruh bagi lingkungan di sekitarnya.

Ada istilah Triple Buttom Line (TBL) Triple bottom line yang didefinisikan sebagai ukuran kesuksesan perusahaan yang dilihat dari tiga dimensi yaitu dimensi ekonomi, dimensi sosial, dan dimensi lingkungan dan biasanya dianalogikan sebagai profit, people, and planet..sungguh merupakan konsep yang mulia,,

kalau kita menilik pada Wahyu Ilahi, ini sebetulnya yang diharapkan..sebuah sistem yang adil, tidak merusak dan bisa mensejahterkan manusia berikut alam semesta, Rahmatan Lil’alamiin..

Mirisnya di Indonesia yang termasuk Negara Muslim Terbesar justru disini belum banyak perusahaan yang memperhatikan masalah tersebut. Perusahaan masih terjebak dalam paradigma lama yang mengutamakan Profit semata dengan mengenyampingkan aspek sosial dan lingkungan di sekitarnya…

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s