Memurnikan Niat Setiap Saat


airDisamping memperhatikan amalan-amalan ibadah yang kita targetkan dibulan ramadhan ini, perhatikanlah juga, telusuri juga kejujuran hati kita, ikhlaskah semua itu kita kerjakan hanya untuk Allah? Atau adakah campuran-campuran niat lain untuk Selain-Nya??

Jangan sampai setiap amalan yang kita lakukan sekecil apapun amalan itu, kita lakukan bukan untuk Allah tapi untuk manusia, apakah itu atasan kita, orang tua kita, teman kita, atau tandingan-tandingan lainnya selain Allah.

Perhatikanlah, periksalah masalah niat ini, karena ini menjadi ruhnya amal kita. Jika rusak niat kita, maka rusaklah amalan kita..

Niat yang lurus bagian dari ketauhidan. Dan ini menjadi pangkalnya amalan kita. Kalau tauhidnya bermasalah, setiap amalannya pasti bermaslah, ketika ada masalah dalam ketauhidan, maka itu akan menjadi bibit cikal bakal sifat dan karakter buruk kita. Sifat-sifat sombong, kikir, dengki, ujub, dst berawal dari niat dan tahid yang bermasalah.

Orang yang ikhlas itu seperti susu murni yang tidak tercampur zat apapun. Susu murni satu ember, meski tercampur  hanya sesendok gula pasir, maka susu sudah tidak murni lagi.

Tidak ada amal besar dan kecil bagi orang yang ikhlas. Karena setiap saat berusaha untuk menyempurnakan setiap amalan karena Allah.

(catatan ceramah subuh aa gym hari ini)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s