Memahami Manusia


Memahami seutuhnya sosok ‘manusia’ tampaknya tak pernah ada ujungnya. Dari sekian milyar manusia yang ada, semuanya berbeda meski ada persamaannya, namun kombinasinya berbeda. Dalam diri manusia kembar pun meski secara fisik hampir serupa, kenyataan sikap dan perilaku tentu tidaklah sama..namun jika kita semakin memahami sosok manusia maka kita akan menjadi orang yang luar biasa. ketauhilah di dunia ini lebih banyak manusia yang tidak banyak menyadari dan memahami sepenuhnya tentang hakekat dirinya sendiri dan bagaimana cara memperlakukan manusia lainnya sebagaimana mestinya..ini terbukti dari begitu banyak persoalan yang muncul ditengah-tengah kehidupan manusia dewasa ini yang pada umumnya masalah tersebut timbul dari pola pikir, sikap dan perilaku manusia yang tidak semestinya.

Dari mana kita dapat memahami hakekat manusia itu?apa yang dapat kita jadikan sumber pencariannya? jawabannya sederhana, namun prosesnya tidak sederhana..setidaknya ini yang saya pahami sejauh ini.

pertama, yang terdekat dengan diri kita sendiri yaitu Yang Menciptakan kita. Dalam hal ini memang membutuhkan sebuah Keimanan dan Keyakinan bahwa kita ada karena Diciptakan.Bagaimana kita menelusuri dan mengenal Siapa Pencipta Kita?? lihatlah yang terdekat lagi yakni diri kita sendiri dan lingkungan disekitar kita. Dengan mengenali diri kita sendiri saja kita sudah dapat menemukan bahwa ada Sesuatu Yang Maha Mengatur, Sesuatu Yang Maha Sempurna, Maha Pencipta. perhatikanlah denyut jantung kita, aliran darah kita,,siapakah yang menggerakan semua itu??apakah kita punya kendali atas itu? Ya, otak kita yang mengendalikannya dibawah alam sadar kita, tapi siapakah yang mengatur otak dalam bawah sadar kita sehingga bisa demikian?? Itulah Allah Sang Pencipta dan Pemelihara Kita dan Alam Semesta.Belum Alam Semesta yang Dahsyat ini, jika kita memperhatikannya niscaya disana kita akan menemukan Ke Maha Dahsyatan Sang Pencipta.

Sang Pencipta tidak begitu saja menciptakan kita tanpa sesuatu tujuan. Oleh sebab itu kita mesti memahami apa tujuan manusi ada di dunia ini, dengan begitu kita bisa hidup dengan jelas sesuai apa yang diinginkan oleh pencipta kita sekaligus memahami sosok manusia itu sendiri dari sang Penciptanya yang tentu Paling Mengetahui diri kita. Saranya adalah Kitab Suci yang diturunkannya untuk kita semua, disana semua penjelasan yang kita butuhkan ada disana termasuk tujuan dan peranan manusia hidup di dunia ini, pedoman menjalani kehidupan ini seutuhnya.

Kedua dari diri kita sendiri kita juga bisa mencari, namun ini sebatas pengetahuan manusia saja yang sangat terbatas dan kadang relatif. Tapi ini bisa menjadi pelengkap dari apa yang kita dapatkan dari Sang Pencipta kita tentang hakekat diri kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s