Tentang Ilmu Hikmah (1)


Kitab Syamsul Ma’arif Al Kubro karangan Syaikh Ahmad bin ali atau yang lebih dikenal sebagai Imam Al-Buni menjadi kitab yang membuat saya penasaran,,bagaimana tidak, ternyata kitab inilah yang menjadi salah satu rujukan bagi perhitungan jodoh, perhitungan hari baik, sampai rujukan ilmu-ilmu kesaktian diri. Ada satu kitab lagi yang berjudul Manba’ Ushul Al-Hikmah.Dalam keilmuan, ilmu ini dikenal sebagai Ilmu Hikmah,, Apa itu ilmu Hikmah??

Sekilas mencermatinya ada sesuatu yang aneh dan janggal. Pertama mengenai jodoh, bahwasannya sudah terdapat perhitungan pasti tentang jodoh yang baik bagi setiap orang, salah satunya dilihat dari namanya dikonversikan kedalam huruf hijaiyah dalam bahasa arab, A=Alif=1, B=Ba=2 dst kemudian ada rumusan tertentu sehingga menghasilkan perhitungan tertentu dimana dalam kitab tersebut dijelaskan parameter jodohnya seseorang dengan orang lain seperti apa, tentunya berupa angka dari perhitungan tersebut. Konon perhitungan ini didasarkan pada perhitungan yang sudah dilakukan pada pasangan ideal yakni nabi muhammad dan siti khodijah dll, sehingga kita sebagai umatnya hendaknya mengikutinya supaya mendapatkan jodoh yang tepat dan hidup dengan bahagia dengannya.

sekilas pendapat pribadi menolak isi kitab tersebut, jika misalkan kita mencermati salah satu Ayat Al-Quran yang menyatakan bahwasannya tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi esok hari, tentu ini sangat bertolak belakang, karena kitab tersebut berusaha memastikan nasib seseorang pada esok hari berkaitan dengan jodoh yang dia pilih,,padahal sepemahaman saya selama ini tentu saja kebahagiaan hidup kita, nasib kita dan hari esok kita ditentukan oleh amalan kita saja. Kalau kita sering melakukan amalan kebaikan, maka kebaikanlah yang akan kita dapatkan pada esok hari, pun sebaliknya jika kita beramal yang buruk, tunggu saja keburukan yang akan kita dapatkan pula pada esok hari..

nasib dan kebahagiaan seseorang tentu tidak ditentukan oleh nama atau tanggal lahir seseorang, tidak dapat dipahami kalau seseorang yang bernama x tidak akan pernah hidup bahagia apabila menikahi seseorang yang bernama y hanya karena melalui perhitungan tertentu atas nama tersebut yang dinisbatkan pada perhitungan nama nabi-istri tidak cocok atau tidak memenuhi kriteria parameter yang terdapat pada kitab tersebut diatas..

lantas apa latar belakang muncul ilmu-ilmu tersebut diatas??

2 thoughts on “Tentang Ilmu Hikmah (1)

  1. saya juga pernah diajarkan sama kakek saya mengenai hal ini.
    saya sejak SMP sampai dengan saat ini kuliah juga telah sering melakkan perhitungan dengan orang-orang sekeliling saya, dan hasilnya memang benar.

    sebelumnya saya sama seperti anda tidak percaya, tapi saat ini saya ingin rasanya menemukan kitap seperti yang anda posting disini ttg imam albani ini.

    btw, dimanakah saya bisa menemukannya?
    karena selama ini referensi saya cuma seorang kakek yang bercerita dan menesehati cucunya untuk berhati-hati memilih jodoh.

    • kakek anda mungkin lebih tahu cara mendapatkan kitab itu bagaimana, saya sendiri belum pernah membacanya langsung. tapi saya bisa antarkan anda ke orang yang mendalami ilmu itu.
      bagaimana anda bisa begitu yakin dengan itu? memastikan masa depan dengan sebuah perhitungan?? bukankah tidak ada yang pasti kita tahu apa yang akan terjadi dimasa depan? apalagi menyangkut perjodohan. Bukankah itu kembali pada sikap dan perilaku kita sendiri yang menentukan? bukan pada nama, tanggal dan hari lahir, dst??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s