Marhaban Yaa Ramadhan 1431H


Ya Allah beberapa saat lagi Ramadhan tahun ini datang, Bulan yang sangat spesial, Bulan yang suci, agung, dan mulia. Bulan dimana Al-Quran diturunkan, Bulan dimana setiap pahala kebaikan dilipatgandakan, Bulan dimana pintu Syurga Allah bukakan, Syetan dibelenggu. Kesempatan besar buat kita melakukan peningkatan kualitas diri, sarana untuk perbaikan diri menuju derajat ketaqwaan.

Apa saja yang harus kita siapkan?

1.Meminta maaf kepada kedua orang tua, keluarga, saudara, sahabat, teman, suami-istri, atau siapapun bila merasa pernah punya salah atau khilaf dalam perkataan dan perbuatan.

Ketika Rasullullah sedang berhotbah pada suatu Sholat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Aamin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Aamin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Aamin. Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata Aamin sampai tiga kali.

Ketika selesai sholat jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau menjelaskan: “ketika aku sedang berhotbah, datanglah Malaikat Zibril dan berbisik, hai Rasullullah aamin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah.

Do’a Malaikat Zibril itu sebagai berikut, “Ya Allah, abaikan puasa umat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut: tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada). Tidak berma’afan terlebih dahulu antara suami istri. Tidak berma’afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.” Maka Rasulullahpun mengatakan Aamin sebanyak 3 kali.

2.Menyiapkan Target ibadah selama Ramadhan. Jika kita tak menyiapkan target, bisa jadi ibadah kita selama bulan Ramadhan akan sesuka hati. Target yang kita buat dimaksudkan agar ibadah kita selama bulan Ramadhan memiliki capaian sehingga kita bisa mengevaluasi kekurangan kita untuk bulan Ramadhan yang akan datang.

Ibadah ini tidak terbatas ibadah ritual seperti shalat dan baca Al-Quran semata, tapi menyangkut ibadah seluas-luasnya, tingkatkan effort kinerja kita dalam mencari nafkah dengan baik dan jujur, membantu kesulitan sesama, memberikan karya terbaik bagi masyarakat, berprestasi dalam bekerja, sekolah dst

3.Membiasakan untuk meningkatkan ibadah yaumiyah sebelum bulan Ramadhan seperti sahum sunnah, shalat tahajud, shalat duha, Tilawah, shalat sunnah Rawatib, dzikir, dsb. Agar kita terbiasa melakukan ibadah tersebut ketika Ramadhan sehingga siap untuk beribadah semaksimal mungkin sesuai target yang telah kita buat dan ibadah-ibadah yang bersifat sosial jangan sampai ketinggalan.

4.Menyiapkan kondisi jasmani agar tetap sehat. Kondisi tubuh yang fit akan sangat membantu bagi kita dalam beribadah selama di bulan Ramadhan. Jangan sampai, ibadah kita tak maksimal lantaran tubuh kita tak fit saat bulan Ramadhan menjelang. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup dalam menyambut bulan Ramadhan.

5.Menyiapkan danaselama bulan Ramadhan nanti kita bisa memberi sedekah lebih banyak dibanding hari-hari biasanya. Jangan sampai waktu kita selama bulan Ramadhan nanti justru kita habiskan dalam mencari uang sehingga kita perlu menyiapkan jauh-jauh hari untuk membantu saudara-saudara kita.

Rencanakan Dengan Baik
Ada Target Pencapaian Yg Jelas
Evaluasi Setiap Hari
Laksanakan dengan sungguh-sungguh!

dan perhatikan apa yang terjadi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s