Allah Memang Maha Adil


Sebuah kata atau teks seringkali tidak terasa maknanya ketika tidak ada konteks yang mengikutinya. Sebuah kata akan terasa hampa tanpa makna, ketika kata tersebut tidak diikuti suatu bukti nyata yang mendukungnya.

Seorang yang berbicara dengan pengalaman biasanya memiliki pengaruh yang kuat kepada setiap pendengarnya atau lawan bicaranya. Dan secara alami kita dapat membedakan antara dua orang pembicara, meski apa yang dikatakan itu sama kata-katanya, namun beda rasanya dan powernya.

ya, itulah kekuatan konteks terhadap suatu teks.

tak terkecuali kata yag ada pada judul di atas. Kata-kata Allah Maha Adil seringkali kita baca dimana-mana, dan kita dengar dimana-mana. Akan terasa biasa-biasa saja ketika kita tidak memiliki pengalaman yang mendukung teks tersebut, atau bukti dari teks tersebut.

Ya, saya termasuk yang merasakan pengalaman itu. Allah Maha Adil, dalam artian setiap apa yang kita lakukan, dari setiap kata, sikap dan detail perbuatan kita itu ada balasannya. Allah tidak pernah menyia-nyiakan suatu perbuatan baik sekecil apapun, dan perbuatan buruk sekecil apapun. Semua ada balasannya sesuai dengan apa yang telah dilakukan. Ini tidak hanya akan terjadi pada Yaumul Hisab nanti, di saat sekarang pun, di kehidupan dunia ini terjadi. Tidak jarang balasannya nyata dan kontan.Memang hanya di masalah waktu saja, cepat atau lambat akan terjadi.

Saya seringkali mengalami itu, ketika kita berbuat kebaikan pada suatu waktu, di waktu yang lain kebaikan itu kita dapatkan lagi dari orang lain, atau dari orang yang sama. Pun sebaliknya, kalau kita pernah melakukan keburukan sama orang lain, itu keburukan beneran akan kita dapatkan kembali cepat atau lambat, dari orang lain atau orang yang sama.

Saya hanya mengingatkan diri saya pribadi dan siapapun yang membaca ini untuk terus berhati-hati dalam setiap detail sikap dan perbuatan kita. Semua itu akan kembali pada diri kita masing-masing. Tidak ada yang sia-sia, tidak ada yang luput, semua akan ada balasannya.

Semoga bisa semakin bersemangat untuk memperbanyak kebaikan dan meninggalkan perbuatan buruk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s