Beginilah Hidup… Semua Silih Berganti


Pertama kali ngerasa sesak sekali dada ini karena dilanda batuk.. langsung menusuk ke paru-paru.. fiuh.. begini rupanya efek perubahan cuaca atau musim pancaroba di Ruteng.  Ya rata-rata yang saya rasakan ini melanda umumnya orang disini. Faras dan Kadek yang sudah lama disini saja mengalami hal yang sama, walau bagi mereka kelihatannya tidak begitu menyiksa. Kecuali Faras. Dia sama-sama sampai berobat seperti saya..haha senangnya ada teman yang senasib dan sepenanggungan.

Dini hari di sela-sela waktu tidur, suara batuk bersahutan😀 seakan-akan sedang mengobrol antara satu kamar dengan kamar yang lain.. memang cukup menyiksa, sampai-sampai mau muntah.. tapi tidak ada apapun yang keluar selain sedikit dahak.. dada yang sakit terasa. Serasa menusuk paru-paru.. Semoga jadi ladang penggugur dosa.. kalau dijalani dengan Ikhlas.

1 Oktober 2011, tepat kurang lebih 3 bulan saya tinggal di Ruteng. Memang cukup cepat rasanya waktu itu berlalu. meski kadang ya yang namanya kebosanan dan kesuntukan seringkali melanda. Home Sick pasti lah terasa, disini memang kondisinya jauh berbeda. bisa dibayangkan lama tinggal di kota besar seperti Bandung dan Jakarta tiba-tiba harus tinggal di kota kecil, bahkan mungkin sangat kecil yang memang hanya ramai di pagi hari-siang hari saja, itu pun di pasar. Selebihnya sepi..

Memang saya pernah 5 bulan juga tinggal di Kota Lamongan, kota yang kecil juga. Bahkan kalah sama Ruteng dalam hal angkutan umum. Karena di Lamongan tidak ada Angkutan Kota yang hilir mudik, yang ada hanya Bela (Becak Lamongan :p), sedangkan disini angkot hilir mudik setiap hari, bahkan ada angkutan pedesaan berupa truk gede yang dimodifikasi baknya menjadi tempat penumpang. Namun untungnya Lamongan masih dekat dengan Surabaya, 1-2 Jam saja jaraknya. Ketika kebosanan melanda, bisa jalan-jalan ke Surabaya, menikmati suasana yang lebih “beradab”.. yg lumayan bisa meredakan penat. Berkumpul  dengan teman sambil makan, nonton, dan mengunjungi tempat wisata.

Kali ini benar-benar agak suram. Bisa dikatakan di bulan September kemaren masa-masa yang agak mengecewakan. Banyak hal-hal terjadi diluar ekspektasi dan harapan. Walaupun tentu dibalik itu semua saya harus bisa mengambil hikmah dan pelajaran. Jadi tidak ada sesuatu yang sia-sia, sesuatu yang jelek dimata kita belum tentu jelek sesungguhnya (dimata Allah), pun begitu sebaliknya. 

Kondisi pekerjaan sepertinya lesu, NPL sepertinya malah naik di bulan September ini. Padahal trend dari Juni-Agustus sudah sangat bagus. Kanwil dan Kanpus cukup puas mengetahui ini. Tapi entah nanti di bulan-bulan ini mungkin bisa kena teguran langsung. Tidak bisa menjaga trend yang positif..fiuh.. mereka tidak tahu sih bagaimana kondisi sebetulnya disini. Very Very Complicated… bahkan sekelas bigbos saja sebelumnya belum dapat menyelesaikannya.

Insiden Sapi di Bandara Komodo termasuk yang sangat mengecewakan juga, hal sederhana yang memiliki efek besar. Menggagalkan rangkaian agenda dan janji yang begitu semangatnya saya harapkan. eh semuanya gatot alias gagal total. Agenda Surabaya-Jakarta-Bandung pun batal. I’m so sorry.. gagal pula mendapatkan penghasilan tambahan dari itu, karena harus dikembalikan😀

Beginilah hidup,,naik turun,,masalah datang silih berganti. Ada saatnya kita merasa senang, ada saatnya sedih. Ada kalanya berhasil, adakalanya keberhasilan itu tertunda. adakalanya sehat, adakalanya sakit.. yakinlah semuanya tidak sia-sia. Yakinlah dibalik kesulitan ada 2 kemudahan. Bak menelusuri jalanan, ketika kita menemukan jalanan yang menanjak, yakinlah setelah itu kita akan menemukan turunan, dan sebaliknya ketika kita sedang ada di jalanan yang menurun, siap-siaplah untuk meghadapi tanjakan. Begitulah silih berganti.

Tetap Semangat, Tetap Istiqomah.

Hidup Adalah Perjuangan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s