Korupsi dan Politik Lingkaran Syetan..


Lama-lama kesal juga liat berita-berita di tv.. tiap hari itu lagi itu lagi. Ga jauh-jauh dari berita politik dan kasus korupsi.

Saya heran, kita jujur-jujuran saja lah.. pada ngaku saja lah. Apa sih yang diperjuangkan diatas ketidakjujuran dan kebohongan? harga diri?? gengsi??kebahagiaan? kesejahteraan?? kekayaan?? Saya pastikan Oo tidak bisa itu.. malah sebaliknya, tinggal menunggu waktu saja dimana Diri anda tidak akan ada harganya lagi, gengsi anda Non Sense, anda tidak akan pernah bahagia, anda akan jatuh miskin lahir batin meski materi ada di sekeliling anda.. hanya penderitaan ujung-ujungnya jika anda melakukan Ketidakjujuran dan Kebohongan.

Saya termasuk yang mengalami bagaimana korupsi yang sistematis itu berjalan di pemerintahan, saya pernah sempat terlibat didalamnya, sampai akhirnya saya keluar dari “lingkaran syetan itu” . Mungkin masih disebut kecil-kecilan..karena hanya proyek dibawah 5 M-an. Dan saya tahu persis bagaimana kekuatan politik berada dibalik itu, bagaimana semua direkayasa. Itu lah “gula-gula” yang menarik bagi  “semut-semut” politisi yang berbondong-bondong datang, malah sampai berebutan.. dengan janji-janji atas nama rakyat, bahkan Tuhan juga dibawa-bawa untuk kampanye. Naudzu billah..

Saya tahu tidak semua yang di pemerintahan seperti itu, tapi coba perhatikan..bandingkan, kalau perlu diteliti dengan jujur dan objektif. Banyakan mana? yg jujur dan bersih apa yang tidak jujur dan kotor??

Celakanya sekarang atas nama Otonomi Daerah dan Pemekaran Wilayah Kabupaten/Kota maupun Propinsi.. yang semula bertujuan baik untuk memajukan daerah, malah menjadi sarang-sarang korupsi baru. Jangan jauh-jauh, disini saja, di Kabupaten Manggarai. Yg asalnya hanya 1 Kabupaten Manggarai saja, kemudian dimekarkan menjadi 3, melahirkan 2 Kabupaten baru Manggarai Barat dan Manggarai timur. Ini efeknya cukup luar biasa.

Ya, tidak jauh berbeda dengan apa yang tiap hari tampak di TV itu. Dengan ada Kabupaten Baru, tentu ada “gula-gula” baru. Orang-orang berebut ingin jadi penguasa.. maka berbondong-bondonglah orang berpolitik. Tujuannya apa? supaya bisa menduduki kursi kekuasaan baru. Jadi Bupati, Jadi Anggota DPRD, jadi Pejabat Pemda, sampai ke PNS-PNS turunannya. Kemudian orang pun melihat ada “kantung duit” baru yang segar.. dana APBD untuk pembangunan daerah. Maka orang pun mulai tergiur mendapatkannya..

Maka tak heranlah disini, banyak terjadi pergeseran mata pencaharian. Yang tadinya usaha pertanian perkebunan, tanam kopi, tanam kakao dst tiba-tiba ramai-ramai membangun CV… berubah usaha jadi kontraktor. Ramai-ramai ikut tender.. dan konsekuensinya kembali ke politik. siapa menang dia yg dapat. maka otomatis yang main tender harus punya backing politik yang kuat..untuk itu dia harus berpolitik, dan berpolitik harus dengan uang. Maka di masa-masa Pilkada.. ada budaya baru, para pengusaha mulai berjudi, mempertaruhkan jagoannya masing-masing..dengan biaya yang tidak sedikit. Mereka patungan dengan jagoannya masing-masing, dengan harapan ketika jagoannya menang.. proyek-proyek nanti yang akan mereka dapatkan. Balik modal, harapannya lebih dari itu..dapat untung dikemudian hari. Begitulah diawal.

Celakanya kalaupun menang, masalah ternyata tidak selesai, si pengusaha2 kontraktor itu harus merogoh kocek lebih dalam lagi, karena mental birokrat-birokratnya yang koruptis. Biaya-biaya mendapatkan proyek ternyata besar juga. harus setor sana-sini dulu, harus kasih ini itu dulu, baru dapet.

Bayangkan, betapa banyak biaya yang keluar.. mulai dari biaya politik, dan biaya pelicin diawal itu, padahal dia belum melakukan pekerjaannya. Bisa kita perkirakan bagaimana pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya. Pastinya dikorupsi lagi!! pasti tidak sesuai dengan kontrak. Mark-up pasti terjadi, pangkas sana-sini, biar dapet untung.. kualitas pekerjaan nomer sekian. Makanya jangan heran jalan-jalan mudah rusak, jembatan mudah roboh, saluiran air mudah mampet.. ya itu dia..

itulah gambaran singkat “lingkaran syetan” yang ada di sekitar kita..

memprihatinkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s