Bandung 23-11-2011


hari ini cepat sekali  berlalu. Pagi-pagi pukul 06.30WIB  aku berangkat dari rumah bareng adiku Jamal, nganter dia ke tempat kerjanya di Babakan Jeruk Pasteur. Sejam kemudian sampailah, menunggu sampai dia masuk kantor. Barulah aku terus pergi lagi, sesuai rencana memang mau mampir ke rumah tetehku (kakak sepupu) masih di sekitar pasteur, tepatnya di belakang Mal BTC. Teteh sebelumnya datang ke rumahku H-1 nikahan adikku, berniat ketemu aku. Tapi waktu itu aku belum ada di rumah, baru pulang pas maghrib. Jadi gak sempat ketemu. Baru hari tadi akhirnya bisa ketemu.

sesampainya di depan rumahnya, ternyata tetehku beserta putra ke-2 nya yang baru lahir, jadi masih bayi, sudah ada di depan rumah bareng neneknya bayi. Bayinya makin lucu, makin tembem.sempat ketangkap kamera saat dia tersenyum padaku..

pembicaraan dimulai dengan kabar proses pernikahan adikku, cerita bagaimana acaranya dan sedikit dikenalkan siapa dan seperti apa istrinya bersama ibu mertua tetehku. Berbeda dengan bapak mertua tetehku, kalau dengan beliau ngobrol seputar flores, tempat kerjaku sekarang. Ngobrol seperti apa kondisi di flores, sampai-sampai nyinggung-nyinggung masalah politik dan pemerintahan terkait pembangunan di Indonesia yang masih bermasalah dengan KKN, terutama yang terjadi di Daerah. Lumayan agak lama ngobrol beliau, padahal awalnya papasan di pintu, salaman terus ngoborlah..sambil berdiri cukup lama. Sampai akhirnya aku masuk dan naik ke lantai 2 tempat tetehku dan suaminya tinggali.

Di sana lanjut ngobrol lagi seputar pernikahan adikku, ngobrolin usaha suaminya tetehku di bidang konveksi, sampai-sampai ngobrolian kredit dengan skema khusus terhadap Purchase Order atau Invoice yang dimungkinkan tanpa agunan tambahan, sisanya membahas masalah pribadiku.. gak jauh-jauh dari masalah perjodohan.. curhat deh intinya sama tetehku.. haha

tak terasa pukul 10.00 WIB sudah, tapi obrolan gak ada habis-habisnya. Bapak mertua tetehku ikut naik, nyangkut lagi saya, nerusin obrolan lagi seblumnya. Padahal udah mau pamit. Akhirnya turun, eh dibawah ketemu ibu mertua tetehku lagi, nyangkut lagi..ngobrol lagi kapan aku pulang, mau kemana, kapan nikah, calonnya siapa.. fiuh.. hal yang selalu ditanyakan setiap orang yang belum aq bisa selesaikan.

Jam 11.00 WIB akhirnya baru bisa keluar rumah tetehku itu,,sambung lagi menuju rumah Uwa di Cimahi, sebelumnya aku mampir beli sesuatu untuk buah tangan, satu dus kue aku bawa. 1 jam kemudian sampailah di tempat tujuan di Citeureup Cimahi, aku gak bisa ketemu uwa yang kutuju, beliau sedang ke Padalarang. Yang ada istrinya (Uwa juga sih) dan putra ke-2 nya yang lagi libur kerja, karena kerja shift malam.

baru juga nyapa, masuk rumah, salaman. Langsung ditanya : ” sareng saha kadieu? atuh ti kapungkur teh nyalira wae, can ngabonceng keneh wae mun kadieu teh.. ” haduuh.. glek.. pertanyaan yang menusuk. haha..  ngobrolah seputar pernikahan adikku lagi, dan pekerjaanku sekarang, dan pekerjaan putra-putranya. Putra sulung Uwa ada yang ke Kalimantan, di perusahaan tambang batu bara, disana katanya banyak hantu.. hantunya sampai ngikut kalau pulang.. serem juga kerja di tempat berhantu.

di rumah Uwa aku disuguhi makan bakso, kebetulan di seberang rumah ada yang jual bakso.. 2 mangkok sekaligus. 1 mangkok isinya mie, 1 mangkok isinya bakso gede + daging urat. Porsi yang besar buatku. Tapi anehnya aku bisa juga menghabiskannya. enak sih hehe

habis kenyang makan bakso, aku shalat. Aku jamak qashar shalatnya zuhur sekalian ashar, karena sedang musafir. habis itu aku pamit pukul 13.30 WIB langsung menuju ke Padalarang, sebelumnya aku beli sesuatu untuk buah tangan lagi, kali ini by request..meski sempat bolak-balik, karena requestnya agak telat. terus sekalian ambil uang ke atm untuk isi bensin yang udah melewati strip merah E

habis itu jalan lagi, ditengah jalan menyaksikan 2 kejadian kecelakaan. yang satu sepeda motor sama mobil, satu lagi antar sepeda motor. untungnya tidak sampai parah, tidak ada yang sampai terluka. hanya motor saja yang penyok, dan terjadi pertengkaran di tengah jalan yang sempat memacetkan. Tapi gak ada kecelakaan pun ternyata jalan raya cimahi-padalarang siang tadi macet agak parah, dipenuhi truk-truk besar yang menuju pintu tol. Akibatnya lumayan cukup memeras keringat, sauna deh siang-siang..

akhirnya baru tiba di tempat tujuan pukul 15.00 WIB dengan berpeluh keringat. fiuh.. akhirnya. Dapet minum air putih dingin segar sekali rasanya..mulailah berbincang disana. Ini kali ke-2 aku silaturahim kesini setelah lebaran kemarin. Kali ini mulai lebih cair tidak terlalu kaku, meski sempat hening juga sih beberapa kali.. xixixi

tapi menjelang maghrib mulai lebih cair lagi, sambil makan suasananya lebih nyaman, sudah seperti rumah sendiri. sambil denger lantunan ayat suci alquran..cukup menentramkan. Diteruskan shalat maghrib yang kujamak dengan isya, kemudian disambung obrolan lagi. kali ini mulai lebih ramai lagi, memang kalau si ibu udah banyak bercerita seru sekali ceritanya, gelak tawa gak henti-hentinya.. tambah obrolan-obrolan si bungsu yang tidak kalah menariknya, dia bisa mengingat kejadian-kejadian sewaktu dia masih kecil, sewaktu dia masih bayi, dan dengan kata-katanya yang terlihat bijak dan dewasa, padahal masih kecil.

sambil menunggu hujan yang gak berhenti-henti kita terus ngobrol banyak hal, dari mulai ngobrolin makanan,sedikit tips berumah tangga, ngomongin jurig.., ngomongin kelakuan-kelakuan cheating pas ujian, ngomongin kejadian-kejadian masa kecil,kejadian di masa lalu, dll.. sampai aku agak sungkan kalau harus memotong obrolan untuk pamit pulang, butuh 2x untuk akhirnya pamit pulang, waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 WIB.. hujan masih gerimis. Aku pun memaksakan pulang saja karena sudah kemalaman, sampai males pake jas hujan, sedikit berbasah-basah gak apa-apa lah hehe

sampai di rumah kembali pukul 22.15 WIB, kurang dari sejam perjalanan diitengah gerimis hujan. hari yang cepat sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s