ketika apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan??


ini pasti seringkali kita alami dalam hidup ini, walaupun bisa jadi apa yang sesuai harapan bisa lebih sering lagi. adalah suatu hal yang wajar, karena tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi di masa depan. kita berharap kejadian a yang akan terjadi, tapi kenyataan berbicara lain, kejadian b yang malah terjadi, atau hal lainnya dalam hidup kita.

adalah antisipasi yang dibutuhkan ketika sesuatu yang kita harapkan tidak terwujud. jauh-jauh hari kita bisa memperkirakan kemungkinan-kemungkinannya. apabila kita tidak berharap kejadian a terjadi, tentunya jauh-jauh hari kita melakukan sesuatu yang mengarah kepada tidak terjadinya kejadian a tersebut.

jangan sampai kita tidak sadar, atau lebih parah lagi secara sadar melakukan sesuatu atau memberikan peluang terhadap terjadinya sesuatu, bahkan membuka harapan atas kejadian tersebut, padahal bukan itu yang kita harapkan. ketegasan dibutuhkan dalam hal ini.untuk mengantisipasi kejadian yang sama sekali tidak kita harapkan sama sekali. Jangan sampai sudah kejadian, baru kita menyesalinya dan tidak merasakan kebahagiaan karenanya.

Tapi memang tidak ada kata terlambat, semua masih mungkin untuk berubah. hanya konsekuensi-konsekuensinya saja yang berbeda, dan mungkin lebih berat ketika semuanya sudah terjadi.

tegaslah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s