Hellow Blog Lama Tak Bersua.. rada Promosi ah


Rasanya lama sekali tidak membuka blogku ini, padahal cuma seminggu aja ternyata tidak buka. Dan selama itu pula tak pernah online lewat netbook. Seminggu ini nyaris lumayan padat aktifitas. Sepertinya sampai awal tahun nanti bersambung terus… lama-lama haus juga tubuh ini. Alhamdulillah ada jeda sehari besok untuk bisa rehat.

Sepulang dari Surabaya hari minggu 11/12/2011 kemaren, dari hari seninnya sampai hari sabtu tadi dikantor lagi banyak kerjaan dan kegiatan di luar.

Senin-nya 12/12/2011, pas tanggal cantik ada pembukaan unit kerja baru, BRI Unit Mano.. di Kecamatan Mano, masih sekitar Ruteng, Kabupaten Manggarai. Kantor ini adalah kantor BRI ke- 7.644 di Republik ini. gile bener.. BRI buka jaringan terusss… dalam kurun waktu 1,5 tahun-an bisa nambah lebih dari 2000 kantor baru (Kantor Cabang, KCP dan Unit), belum termasuk Teras BRI, dan E-Channel berupa ATM yang tiap tahun rata-rata nambah 1000 ATM Baru, tambah CDM, EDC, KIOSK, dst..

Makanya gak heran kalau Bank BRI ini adalah Bank dengan jaringan terluas di Indonesia, Bank Terbesar dan Tersebar di Indonesia, dari Desa sampai ke Kota. Ditambah dengan jumlah pekerja lebih dari 80.000 orang!! terbanyak juga diantara bank-bank yang ada di republik ini, dan termasuk terbanyak juga di dunia. Tidak banyak perusahaan yang memiliki jaringan kerja dan SDM sebesar Bank BRI di dunia ini. Dan Tidak banyak juga Bank di dunia ini yang bisa sampai berusia 116 Tahun.. masih kokoh berdiri dan terus cemerlang kinerjanya…

jreng..jreng.. segitu dulu promosinya😀

lanjut cerita di awal, sambil buka unit kerja baru, ada juga kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan gratis plus pengobatannya, donor darah dan pemeriksaan gigi di lokasi BRI Unit mano tersebut. Bekerja sama dengan pemerintah setempat dan dokter-dokter PTT yang sedang praktek disana. ini adalah kegiatan PKBL (Program Kemitraan dan bina Lingkungan) semacam CSR (Corporate Social Responsibility).. dan subhanallah kegiatan ini sangat disambut gembira oleh masyarakat, mereka berduyun-duyun datang.. sampai dari desa-desa yang berkilometer jauhnya mereka datang, laki-laki-perempuan, ibu-ibu dan bapak-bapak, kakek-nenek, anak-anak, semua ada berbondong-bondong datang.

Saya jadi teringat dengan Ibunya Obama, dulu sempat menjadi konsultannya Bank BRI untuk pengembangan BRI Unit. Beliau bukan seorang ekonom yang ahli dalam ekonomi atau bisnis, atau seorang yang berpengalaman dalam industri perbankan. Beliau lebih ke Sosiolog.. disini yang bagi saya menarik. Ternyata yang namanya kegiatan berbisnis bisa jauh lebih efektif apabila kita juga memperhatikan masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat yang menjadi pasar bisnis kita sendiri. Pendekatan-pendekatan secara sosial dan budaya..menjadi sangat berharga untuk tujuan bisnis.

Bukan berarti seakan-akan seperti serigala berbulu domba, namun jika kita kembali ke teori juga, bahwa salah satu hal strategis dalam bisnis adalah bagaimana perusahaan peduli dengan stakeholder-nya, dimana salah satunya adalah lingkungan masyarakat disekitar. Kita juga mengenal yang namanya CSR, Sustainable Development, Manajemen Lingkungan, Etika Bisnis.. dimana itu erat kaitannya dengan apa yang saya bahas tadi. dan BRI melakukan itu bertahun-tahun lamanya, sehingga akhirnya seakan-akan sudah menyatu dengan masyarakat, sehingga dalam kegiatan bisnisnya pun tidak terlalu sulit untuk menarik nasabah. Setidaknya pelajaran ini yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s