Sunday Morning 18/12/2011


Alhamdulillah, meski seharian kemaren cape dan tidur agak larut, bangun gak sampai kesiangan untuk bisa menikmati waktu shubuh. Mungkin agak siangan baru bisa bales dendam..hehe

” Life is matter of choice… and every choice has it’s consequences “

dalam setiap detik waktu kita, disana selalu terdapat pilihan-pilihan. Dari hal-hal yang sangat prinsip sampai hal-hal yang sifatnya detail. Dalam detik ini kita bisa memilih keyakinan yang berbeda, agama yang berbeda, pekerjaan yang baru, atau memutuskan masa depan kita mau kemana.

dalam detik ini juga kita bisa memiliki pilihan, mau tidur, mau makan, mau olah raga, atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar di pagi hari sambil menikmati pemandangan.

dan disengaja atau tidak, disadari atau tidak. masing-masing kita selalu mengambil keputusan untuk memilih dalam setiap detik waktu. meskipun saya yakin kita kadang tidak menyadarinya, karena apa yang kita pilih itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

yang perlu jadi perhatian kita adalah konsekuensi atas pilihan-pilihan itu. saya pribadi seringkali lalai terhadap yang satu ini. tidak melihat selangkah lebih depan. kalau kita sekarang begini, konsekuensinya apa.. kalau kita begitu, apa yang akan terjadi.. pertanyaan mendasar ini jarang ditanyakan. hanya mengalir  saja setiap aktifitas yang kita lakukan, atau mungkin terjebak dengan rutinitas. sekedar menghabiskan waktu, atau ikut-ikutan saja. Ini yang berbahaya

karena biasanya penyesalanlah yang kemudian akan kita dapatkan ketika kita tidak menyadari kalau apa yang telah kita lakukan memiliki konsekuensi yang sebetulnya tidak kita harapkan. apalagi menyangkut hal-hal yang sifatnya sangat penting dan prinsip, dan menyangkut masa depan kita misalnya.

semoga ini bisa menguatkan kembali tanggungjawab saya pribadi dan mungkin yang membaca tulisan saya ini atas setiap pilihan-pilihan dalam hidup kita. kita harus sadar betul, dan pastikan tahu konsekuensi atas setiap pilihan di masa depan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi esok hari, tidak ada yang tahu pasti apa yang akan kita peroleh di masa depan nanti, tapi ada satu pasti, apa yang kita pilih saat ini, apa yang kita lakukan saat ini pasti menentukan apa yang akan terjadi esok hari dan apa yang akan kita dapatkan di masa depan nanti.

Jika saat ini kita menanam kebaikan, insya allah kebaikan pula yang akan kita dapatkan, sebaliknya jika saat ini keburukan yang kita tanam, tinggal tunggu saja keburukan itu akan kita dapatkan kembali. Allah akan membalasnya dengan sempurna. Tinggal kita serahkan dan ikhlaskan kepada-Nya, sandarkan kepada Yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu, Yang Maha Adil, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s