Kebon Waru, 2006


Semalam, di akhir tahun 2011 yang kuhabiskan di kosan Executive Class.. (beneran nama aslinya) dengan acara bakar ikan bersama jilid #3 setelah jilid #1 di malam natal, jilid #2 malem jumat kemaren. Ikannya sih maknyoes semalam, cuma agak terganggu dengan nasinya.. masih gigih keneh ceuk basa sundana mah..jadi agak mengganggu cita rasa dan proses pencernaan di perut.. tapi alhamdulillah tetap nikmat.

Habis itu lihat kembang api sebentar, beberapa teman kos nyulut kembang api.. berisik.. seakan perang dengan yang lain, saling bersahutan.. habis itu mulai deh Sofinya dikeluarin..beberapa botol bir dikeluarkan. Akunya mulai ngerem depan TV wae..hehe..

Tidak sengaja liat TV One, loh ada si Kokon.. jadi Reporter rupanya dia sekarang..semalam dia meliput suasana perayaan tahun baru di Papua sana sambil hujan-hujanan.. mantaps.. tak lama kemudian dia BBM..ngucapin selamat tahun baru,,aku dipanggilnya kaka..loh tumben, itu ternyata sapaan khas di papua. Di Flores juga tak berbeda..

Langsung saja saya teringat beberapa tahun ke belakang semasa KKN waktu kuliah tahun 2006, sekitar bulan Ramadhan, sekitar bulan Agustus-Oktober 2006, 3 bulan KKN itu ya? rada lupašŸ˜€ jadi ingin mengabadikannya disini, karena jujur itu jadi salah satu pengalaman y.ng berkesan selama masa kuliah. Kenapa? tanpa bermaksud menyombongkan, saya sangat merasakan kekompakan bersama mereka. Meski berasal dari berbagai jurusan dan fakultas yang terpisah ruang dan waktu, kita masih bisa melakukan sesuatu untuk masyarakat.

Saya KKN di Kelurahan Kebon Waru, sekitar Jl. Jakarta Bandung. Orang akan langsung inget Penjara atau LP ketika mendengar Kebon Waru, karena memang ada LP disana. Sempat tiba-tiba terkenal dan ramai gara-gara si Ariel Peterpan dengan kasus asusilanya yang menghebohkan dunia perfilman nasional dipenjaranya pindah dari Penjara Mabes POLRI Jakarta ke LP Kebon Waru. Saya sempat berburuk sangka. Enak bener si Ariel pindah ke Kebon Waru, itu kan gak jauh dengan rumahnya yang di Antapani. Jangan-jangan..diem-diem dia suka pulang ke rumah.. mengingat suburnya praktek gak beres di dunia perpenjaraan Indonesia.. haha

Teman-teman KKN saya waktu itu ada 20 orang, 3 Orang dari anak Ekonomi (termasuk saya), 2 Orang anak Hukum, 2 orang anak Kedokteran, 1 orang anak Pertanian, 1 orang anak Peternakan, 1 orang anak FIKOM, 1 orang anak Farmasi, 1 orang anak sastra inggris., sisanya agak lupašŸ˜€. Orang-orang ini tempat kuliahnya beda-beda, kebanyakan kuliah di Jatinangor, sebagian di DU dan seputar Dago. Yang saya bicarakan diawal, dia anak FIKOM. Sejak KKN dulu dia sudah menjadi seorang presenter dialog di TV lokal Bandung.

Ketua Kelompoknya adalah Rhea, dia anak Hukum, seorang perempuan, wakilnya Kokon, dan aku sekretaris >__< gak kebalik ya Rhea..saya masih gak terima. Alasannya karena saya berkampus sama dengan sang ketua karena tetanggaan, kalau buat surat, laporan-laporan atau proposal kegiatan gak susah koordinasi dan tanda-tangan segala macam. Karena semua sepakat, ya sudah..nasib saya jadi sekretaris!! jabatan sekretaris ke-2 yang saya dapatkan, yang ke-1 sewaktu kelas 3 SMP di 3-F, waktu itu saya langsung ditunjuk begitu aja sama Wali Kelas saya waktu itu, seorang Ibu, beliau agak eman sipasimisme.. sedikit memaksakan. Beliau ingin ketua kelasnya seorang wanita, laki-laki biar jadi wakilnya. Giliran milih sekretaris..si Ibu tiba-tiba keliling..liat buku catatan anak-anak.. nasib duduk di barisan kedua dari depan tidak jauh dari meja guru dikelas, buku saya juga jadi incarannya,, wah tulisan kamu rapih juga juga wan, sudah kamu jadi sekretaris!! Gimana anak-anak?? Setujuuuuuuuuā€¦.serempak sekelas menjawab.. jiahā€¦ nasip nasip.. jadi juru tulis 1 tahun di papan tulis, sangat bersahabat dengan kapur putih itu dan penghapus.

Kembali ke masa KKN,

Kita punya Base Camp di rumahnya si Kokon itu, di bilangan daerah Gumuruh/Turangga, tidak begitu jauh dari rumah saya, rumahnya kokon masih 1 kelurahan dengan rumah saya di Kelurahan Gumuruh. Rumahnya berdekatan dengan tempat renang semasa SD dulu, kolam renang yulis.. rumahnya cocok sekali untuk jadi base camp, kebetulan rumahnya juga sekretariat HKTI Jabar, bapaknya Kokon salah satu pejabatnya. Jadi didalamnya ada ruangan meetingnya, round table gitu, melingkar, memang khusus ruangan meeting kantor. Jadi saya gak begitu repot kalau ada kumpul, itu daerah kekuasaanku hahaha..

Kita punya program KKN yang cukup banyak, bahkan terbanyak se Kecamatan Batununggal. dan Alhamdulillah tergarap semuanya.

Kita punya program peningkatan ekonomi masyarakat, disini saya penanggungjawabnya, mengingat waktu KKN yang pendek, disini saya hanya ingin mempertemukan pelaku-pelaku ekonomi yang ada di Kebon Waru melalui diskusi interaktif, seminar kecil begitu. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Harapannya setelah acara itu ada kelanjutan upaya yang dilakukan dan berkesinambungan, meskipun kita sudah tidak disana lagi.

Saya undang kepala bagian di kelurahan yang bertanggung jawab dalam hal ekonomi, lurahnya otomatis, saya hubungi Pemkot, terutama dari Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, dan Dinas Koperasi dan UKM dan Lembaga Keuangan yang ada di wilayah Kebon Waru. Yang merespon positif adalah Bank BRI (bukan karena saya sekarang ada disitu ya), tepatnya BRI Unit Kebon Waru, Kepala Unit-nya bersama bagian kreditnya bersedia berbicara,malah ngasih dana buat kita..

lumayan buat konsumsi peserta, yaitu para ketua-ketua RW, Ketua RT, dan para pengusaha UMKM di Kebon Waru, sekitar 100 orang hadir di aula kelurahan. Tak lupa dosen Pembina pun saya undang, dan beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ada Program Pencegahan Wabah Flu Burung dan Vaksinasinya. Waktu itu lagi rame-ramenya wabah flu burung, dan di Kebon Waru ada 2 orang yang terjangkit Flu Burung. Maka kita berinisiatif melakukan sesuatu untuk pencegahan virus berbahaya ini. Apa yang kita lakukan?? Kita melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak masyarakat supaya tidak terjangkit flu burung yang menular ke manusia. Sekaligus sosialisasi mengenai cara pencegahannya.

Tanpa sengaja kita dipertemukan dengan Mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan UGM yang kebetulan lagi PKL di Bandung, memiliki program yang sama. Maka disini kita Join Program bareng-bareng.. wah seru disini tambah rame, tambah semangat, dan tambah teman baru..

Kita jadwalkan per- RW untuk sosialisasi dan vaksinasi, kita masuk ke pemukiman masyarakat, dari gang ke gang..karena mayoritas penduduk tinggal di gang-gang. Kita kumpulkan masyarakat di aula RW atau rumah siapa yang bisa dipake. Dan kita minta masyarakat yang punya ternak atau hewan peliharaan untuk dibawa serta, kita mau suntik vaksin anti flu burung yang kita dapat dari Dinas Kesehatan. Bagian suntik menyuntik bagiannya anak kedokteran hewan UGM dan 2 orang anak kedokteran UNPAD.

Di Hari H, masyarakat datang berbondong-bondong bersama hewan-hewan ternak dan peliharaannya.. pada bawa kurung manuk (kandang burung), pada bawa ayam, anjing dan kucing.. sampai-sampai kita sempat berusaha menangkap kucing yang kabur gak mau disuntik..mengepungnya..sampai akhirnya ketangkap dan kita suntik haha..seru sekali..

Disana kita juga menjelaskan bagaimana cara pencegahan lainnya supaya tidak terjadi penularan virus flu burung. Program ini sangat terasa sekali manfaatnya, dan kita betul-betul turun ke masyarakat, berbaur bersama mereka, kita pun bisa menjalin kerjasama yang baik dengan mahasiswa UGM.

Tiap 2 minggu kita ngadain Kerja Bakti, kita jadwalkan per RW. Ini juga salah satu kerja kita yang riil dan nyata bersama masyarakat. Kita bersihkan kali-kali dan sungai-sungai yang banyak sampahnya, kita bersihkan taman kelurahan, jalan-jalan, gang-gang.. dan kita benar-benar ikut turun ke sungai.. setelah selesai kita makan bersama, masyarakat yang masak, ibu-ibu PKK yang masakin..kita makan bersama..pas mantabs

Kita juga melakukan program pendidikan, kita punya jadwal mengajar di sekolah yang ada di Kebon Waru. Tak terkecuali saya. Kita selingi dengan game-game biar menarik. Kita sumbang buku-buku ke sekolah, buatin perpustakaan, sampai dikampus saya ajak teman-teman juga untuk sumbang buku untuk itu.

Selain itu ada penanaman pohon, membenahi taman kelurahan, membuat dan memasang plang-plang kelurahan, mengadakan buka bersama, halal bihalal dan lainnya..Singkatnya, 3 bulan itu padat sekali dengan kegiatan. Dan Alhamdulillah janji program kita terlaksana semua.

Hingga tiba saatnya kita harus pamit, terharu sekali.. Pak Lurah dan segenap pegawai kelurahan banyak yang berkaca-kaca, baru kali ini Mahasiswa KKN bisa berbuat banyak disini, terjun langsung ke masyarakat, memberikan manfaat yang nyata..kita pun ikut terharu. Alhamdulillah bisa meninggalkan pengalaman dan kesan yang baik disana.

Selepas KKN selesai dan melewati ujian KKN yang tidak jelas itu.. kita masih punya agenda. Tapi yang ini khusus buat kita-kita aja satu kelompok. Kita patungan beli sesuatu sebagai bingkisan terakhir untuk Kelurahan, Kecamatan, dan tentunya Dosen Pembina kita. Khusus dengan Dosen Pembina, kita ngadain makan malam bareng, kita cair disana ngobrol ringan, diakhiri dengan Foto Bersama di studio foto.. berkesan sekali.

Dan tidak berakhir disitu, berhubung masih ada dana yang tersisa. Kita ngadain sekali lagi acara bareng.. kita berangkat ke Lembang..kita jalan bareng kesana. Ada villa yang bisa kita pake. Kita bakar jagung, bakar ikan disana..kita haring.. sebuah kebersamaan dan akhir yang indah..

Foto-fotonya kehapus di laptopku yang lamašŸ˜¦

~I Miss That Moment~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s