Selamat Tinggal Masa Lalu, Aku Kan Melangkah…


Setiap orang punya masa lalu, punya latar belakang, punya sejarah..

Siapa dan bagaimana kita hari ini adalah akibat dari masa lalu kita, konsekuensi dari setiap sikap, perilaku dan keputusan-keputusan kita di masa lalu.Sehingga ketika kita menilai diri kita sendiri, maupun menilai orang lain, lihatlah masa lalunya, tengoklah track recordnya. Itu bukti yang nyata yang menggambarkan siapa dan bagaimana kita atau siapa dan bagaimana seseorang sebetulnya.

Karena kita ini sebagai manusia tidak sempurna, maka setiap kita pasti memiliki 2 sisi masa lalu. Masa lalu yang buruk dan masa lalu yang baik.

Masa lalu yang buruk terjadi karena kita sudah melakukan sesuatu yang tidak baik, tidak benar, dan tidak tepat. Baik sengaja ataupun tidak. Masih beruntung kalau semua itu terjadi karena ketidaksengajaan, ketidaktahuan kita. Kebodohan kita. Tuhan masih bisa memberikan toleransi yang lebih untuk itu. Yang gawat adalah ketika semua itu dilakukan dengan sadar dan dengan kesengajaan. Ini yang betul-betul tidak boleh terulang, dan harus segera dihentikan. Kalau tidak, itulah yang akan membuat masa depan kita buruk dan mungkin hancur. Apalagi sesuatu yang memiliki konsekuensi yang sangat besar.

Maka saya sepakat sekali kalau ada yang bilang :” orang yang paling berbahaya bagi diri kita masing-masing adalah diri kita sendiri”

Karena setiap apa yang kita lakukan itu kembali kepada diri kita sendiri, setiap kebaikan yang kita lakukan akan berbuah kebaikan juga pada kita, setiap keburukan pun yang kita lakukan akan menjadi keburukan pula bagi diri kita sendiri. Tidak ada yang meleset. Semua terjadi dengan sempurna. Hanya masalah waktu saja. Orang lain mungkin bisa berlaku buruk pada kita, tapi percayalah itu tidak akan menjadi keburukan pada diri kita kalau kita meresponnya dengan baik. Tidak membalasnya dengan keburukan lagi.

Masa lalu tidak akan pernah kembali lagi, 1 detik yang lalu takkan pernah terulang. Waktu terus berjalan. Bagaimanapun masa lalu kita, baik atau buruknya seyogyanya tidak terlalu banyak menyita waktu kita saat ini. Evaluasi itu penting, refleksi itu penting tapi jangan larut terus didalamnya. Terutama memikirikan masa lalu yang buruk dan larut didalamnya. Yang membuat kita merasa terus bersalah, tidak bersemangat, apatis dan tidak bergairah. Tegaslah. Kalau sudah dapat pelajarannya. Lihatlah hari ini. Jangan sampai masa lalu yang buruk itu terulang, lakukan hal yang lebih baik, supaya kedepan pasti mendapatkan hidup yang lebih baik sebagai konsekuensinya.

Dalam sepanjang waktu hidup kita memang mustahil kita bisa lepas dari kesalahan, yang penting bagaimana setelah itu kita cepat sadar dan memperbaikinya, dan tentu mengantisipasi terjadi kesalahan-kesalahan yang baru dan mengantisipasi mengulangi kesalahan yang sama dengan terus belajar dan belajar… belajar dari apapun. Banyak sekali sumber pelajaran dalam kehidupan ini. Cari sebanyak-banyaknya untuk bekal kehidupan hari ini dan hari esok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s