Posting Ke-100 : Sebaiknya 100% dalam segala hal


Melakukan sesuatu setengah-setengah, ada rasa enggan tapi tetap dilakukan, malu-malu tapi mau, di depan Iya dibelakang tidak, dan padanan kata lainnya yang sejenis merupakan sesuatu yang harus segera ditinggalkan.. di situ ada bibit-bibit kemunafikan yang kita pelihara dan kalau sudah kebiasaan akan mendarah daging dalam karakter kita

Sebaik-baiknya memang totalitas, segala sesuatu yang kita lakukan sudah merupakan keputusan bulat, sudah atas dasar keyakinan dan ketegasan. Jikalau pun masih ada keraguan didalamnya, agama kita mengajarkan sebaiknya ditinggalkan.

Oleh karena itu penting sekali kita menimbang-nimbang, memikirkan dengan baik. Dan untuk bisa seperti itu membutuhkan input pengetahuan, input informasi, dan pengalaman yang mendukung pilihan atau keputusan kita sehingga tidak melahirkan kebimbangan. Masih mending kalau konsekuensinya itu tidak terlalu besar bagi diri dan kehidupan kita, masih hal-hal yang kecil (meskipun tidak ada hal yang kecil jika dilakukan berulang-ulang dan menumpuk). Yang lebih parah memang hal-hal yang memiliki konsekuensi yang besar bagi diri kita, bagi kehidupan kita dan masa depan kita.

Sehingga tidak berlebihan kalau kita itu wajib mencari ilmu, mencari informasi, mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya, belajar dari pengalaman orang seluas-luasnya. Untuk supaya kita bisa 100% dalam segala hal, kita betul-betul yakin atas setiap keputusan kita mana pilihan atau keputusan yang terbaik.¬†Hindari ketergesaan, kebiasaan terburu-buru, tidak sabaran… dilain sisi juga hindari menunda-nunda, menunggu lama tidak jelas, malas-malasan, ngambang, nggangtuung.. dalam menghadapi pilihan dan keputusan. Semua harus proporsional dan adil sesuai kebutuhan, situasi dan kondisinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s