Upgrade Terus.. Jangan Kalah Sama Software


Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu

(HR. Thabrani)

Tak bosan-bosannya mengingatkan diri pribadi khususnya, dan siapapun yang membaca tulisan ini..yang sudah terjabak masuk kesini, yang mengklik gak sengaja ataupun yang sedang mencari pencerahan, wah..kalau yang ini mungkin masih jauh.

Ilmu sangat penting dalam hidup ini, karena setiap apa yang kita lakukan setiap saat itu pasti didasari oleh ilmu, dalam artian didasari oleh apa yang kita pahami, apa yang kita ketahui dari hasil penglihatan, pendengaran, proses berpikir, dst

Semakin tinggi kualitas keilmuan kita, maka Insya Allah akan semakin berkualitas juga hidup kita. Dan yang namanya Ilmu memang akan berkualitas jika diiringi oleh Amal. Ada kesesuaian antara apa yang kita pahami dengan apa yang kita perbuat. Ilmu yang berkualitas adalah Ilmu yang sudah berbuah amal.Yakinlah Ilmu itu tidak akan ada artinya, atau malah akan hilang dengan sendirinya jika tidak diiringi oleh amal.Yang namanya Learning By Doing biasanya lebih mudah, ketika kita belajar melalui praktek itu mudah untuk dipahami.

Oleh karena itu dalam hal ini ada 2 hal yang setiap saat tidak boleh kita tinggalkan dalam keseharian kita jika kita ingin hidup kita terus lebih baik dan lebih berkualitas :

1. Meningkatkan Keilmuan Kita, belajar sesuatu yang baru, mendalami sesuatu yang pernah kita kuasai, meningkatkan kebiasaan membaca, mendengarkan, berdiskusi, bertanya, mencari tahu, berpikir, memperhatikan lingkungan sekitar, peka dan peduli, bersosialisasi.. dan seabreg cara bagaimana kita bisa meningkatkan ilmu, pengetahuan dan wawasan kita.

2. Mengamalkan Ilmu yang kita pahami/miliki

Sesaat setelah “ngeh” dengan sesuatu Ilmu.. artinya kita sudah memahami, segeralah untuk melakukannya, mencoba mempraktekannya. Jika kita sudah paham manfaat atau keuntungan yang kita dapatkan dari sebuah Ilmu..segeralah melakukan Aksi..jangan lama-lama disimpan di Memori. Kita manusia, tempatnya lupa, mudah sekali lupa kalau hanya disimpan di kepala, tapi kalau sudah menyatu dengan jiwa dan raga..selamanya akan terus ada, selamanya manfaat atau keuntungannya benar-benar mengiringi hidup kita, dan sangat mungkin bermanfaat dan menguntungkan orang lain dan lingkungan di sekitar kita.

Ada satu lagi tips paling sederhana, Just Follow The Right Flow..salah satu tagline saya. Supaya hidup kita ini semakin lebih baik dan lebih berkualitas ya tinggal ngikut aja jalan orang yang mengarah kesana. cuma kita harus jeli apa yang kita ikuti atau siapa yang kita tiru itu, jangan sampai Taklid Buta. Jadi tetap kalaupun kita jadi pengikut, kita juga punya pedomannya. Kita sendiri punya prinsip.

Keuntungannya kalau ada teladan, kita lebih mudah dan lebih cepat memahami dan mengikutinya. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa Nabi/Rosul diturunkan Allah SWT ketengah-tengah kita. Karena dengan begitu, ajaran/wahyu itu lebih mudah dipahami dan diamalkan.

So, silahkan cari orang-orang terbaik disekitar kita,,perhatikan, contohlah dia sisi terbaiknya. Karena tidak mungkin kita menemukan orang tanpa cela, salah dan kekurangan.. kita harus jeli juga memisahkan ini. Dan biasanya orang terbaik, ya berarti sedikit lah salahnya. Jadi kemungkinan besar tetap aman buat kita. Cari lingkungan yang dipenuhi orang-orang seperti ini:

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. Nabi Muhamad pernah bersabda :”Janganlah ingin seperti orang lain, kecuali seperti dua orang ini. Pertama orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah al-Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain

(HR Bukhari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s