Ah dasar manusia


adakah manusia yang masih hidup sampai detik ini yang tidak pernah bersalah? tidak pernah berkata dusta? tidak pernah ingkar janji? tidak pernah menkhianati suatu amanat? tidak pernah berbuat maksiat?tidak pernah mencuri? tidak pernah berkata kasar dan menghina? tidak pernah lupa?

jawabannya ada dan banyak.. yaitu bayi yang baru lahir yang belum bisa apa-apa.. bagaimana dengan balita? meski mereka belum baligh, masih polos, ada saja yang sudah bisa berbohong, tidak jujur bahkan mencuri, sisanya saya tidak yakin ada manusia yang seperti itu.

maksudnya apa? namanya juga manusia ya memang tidak ada yang sempurna, tidak ada yang tanpa aib dan kesalahan bukan?

iya, justru karena itulah, jangan pernah kita sombong, merasa diri lebih dan merendahkan orang lain, merasa diri paling suci dan paling benar, merasa diri kita sholeh dan paling taat, merasa diri paling baik, menganggap orang lain rendah, salah, dan tidak pantas.

dan setiap orang berproses, boleh jadi sekarang orang jahat, tapi besok jadi orang baik, pun sebaliknya, hari ini dipanggil ustadz, besok dipanggil bangsat.. itu sangat mungkin terjadi dan saya pribadi menemukan faktanya.

saya pun mungkin masih dipandang orang yang baik lebih karena Allah menutupi semua aib kesalahan saya dimata orang lain sehingga orang lain tidak tahu saja bagaimana saya sebenarnya.Karena sejatinya Allah lah yang Maha Tahu dan Maha dekat dengan setiap diri kita, setiap bisikan hati pun diketahui-Nya yang tidak bisa diketahui orang lain, meski ada disebelahnya

jadi kalau kita mencari kesempurnaan pada diri manusia, kehampaan yang akan didapat.tidak akan pernah akan kita temukan.selalu ada sisi positif-negatif, sisi baik-buruknya. tinggal bagaimana kita memaklumi dan menerima kenyataan itu, kemudian berusaha untuk membuatnya lebih baik.

~sekedar curhat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s