Mampir Ke Liang Bua, Situs Nenek Moyangnya Orang Flores


Karena pernah mendapat sedikit cerita dari salah seorang nasabah tentang Liang Bua, tempat dimana ditemukan fosil manusia purba asli flores yang bertubuh kecil/kerdil atau bisa disebut The Hobbit, menurut beliau sekarang masih ada keturunan aslinya yang masih hidup, beberapa keluarga yang tinggal di desa pedalamannya. Bahkan pernah ada yang sampai kuliah di Jawa salah satu keturunan asli flores tersebut yang bertubuh kerdil. Karena itu lah kemudia saya menyempatkan mampir hari tadi menengok situs tersebut.

Pintu Selamat Datang Yg Tidak Welcome/Tidak Terurus

Liang Bua, dalam bahasa Manggarai berarti “gua/lubang sejuk” adalah salah satu dari banyak gua karst di Pulau Flores,  Indonesia. Gua ini terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, NTT. Situs Liang Bua ini dihiasi stalaktit di ketinggian 500 di atas permukaan laut (dpl) dan berjarak sekitar 25 kilometer utara Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai,dengan sepeda motor sekitar 30 menitan sudah sampai. Melewati jalan berkelok melewati hutan yang masih cukup rimbun.Situs Liang Bua menyimpan kepingan fakta jejak peradaban Flores purba, merupakan tempat penemuan makhluk mirip manusia (hominin) baru yang dinamakan Homo floresiensis.

Penelitian Yg Tertunda (Baca: Terbengkalai) Gara-gara Kurang Duit

Secara geologi, gua ini merupakan bentukan endokars yang berkembang pada batu gamping yang berselingan dengan batu gamping pasiran. Batuan gamping ini diperkirakan berasal dari periode Miosen tengah atau sekitar 15 juta tahun yang lampau. Kawasan kars di NTT ini, sebagaimana kawasan kars di tempat lain di Indonesia, juga memiliki ciri-ciri khusus yang berlainan dengan kawasan kars lainnya.

Situs Liang Bua memiliki lebar 50 meter, panjang 40 meter, dan tinggi dinding dari permukaan tanah 25 meter. “Menurut legenda rakyat sini, gua ini diciptakan nenek moyang kami dengan bantuan makhluk gaib, tetapi tentu ini sekadar legenda, Beberapa nama arkeolog yang pernah melakukan penggalian adalah Michael Morwood, Raden Panji Soejono, Thomas Sutikno, Rokus Duwe Awe, dan Sri Warsisto.

View dari dalam gua(tadi saya gak masuk, karena dikunci dan ada bekas2 galian, khawatir merusak)

Sedikitnya, ada 3 lubang besar yang digali membujur dan melintang dengan kedalaman bervariasi berkisar 3-6 meter. Di permukaan ditemukan serpihan tulang manusia purba dan ditemukan kerangka tikus purba. Liang Bua telah digali secara arkeologi sejak tahun 1930-an. Temuan-temuan dari masa ini dibawa ke Leiden,Belanda.

Diantaranya penggalian dan penelitian yang dilakukan H.R. van Heekeren pada tahun 1950-an, lalu diteruskan oleh Th. Verhoeven, seorang pendeta Katolik. Timnya menemukan antara lain rangka sangat pendek (tetapi tidak katai) di Liang Toge, di samping tulang-tulang di Liang Bua, Liang Momer, dan lain-lain.[2] Kerangka-kerangka ini adalah H. sapiens. Peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian di sana adalah A.A. Sukadana, ahli antropologi ragawi dari Universitas Airlangga, pada tahun 1960-an menemukan pula sisa-sisa manusia termasuk rahang bawah, di Liang Bua.

Tampak Stalaktit di mulut gua

Dari tahun 1978-1989, Prof. R. Panji Soejono menemukan antara lain tulang paha di Liang Bua. Sisa-sisa kerangka dari periode awal hingga terakhir tersimpan di Leiden, London, Yogyakarta, Jakarta,Surabaya, dan Flores. Penelitian selanjutnya dihentikan karena tidak ada pendanaan. Penelitian baru berlanjut setelah ada kerja sama antara Puslit Arkenas (dipimpin R.P. Soejono) dan Universitas New England, Australia (dipimpin Mike Morwood)

Pada bulan September 2003 ditemukan kerangka unik yang kemudian diidentifikasi sebagai H. floresiensis. Bersamaan dengan manusia purba itu ditemukan pula perkakas batu yang dikenal telah digunakan oleh Homo erectus (seperti yang ditemukan di Sangiran) serta sisa-sisa tulang Stegodon (gajah purba) kerdil, biawak raksasa, serta tikus besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s