Istana Ular di Lembor, Manggarai Barat, Flores.. sudah mendunia??


Sejak kemarin saya ada di Lembor, salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT. Yang khas disini adalah adanya Istana Ular, begitu masyarakat lokal menyebut tempat ini, Di sana banyak di jumpai berbagai macam ular , mulai dari pyton ukuran besar hingga ular hijau yang ukuran besar, jumlahnya di perkirakan lebih dari 1000 Ekor ! Jumlah yang fantastis.

Gua Ular ini di kelilingi oleh hutan hutan kecil dan rawa rawa, dan untuk bisa masuk ke mulut gua, pengunjung harus bisa melewati lumpur rawa yang lumayan tinggi untuk orang dewasa, Itu pun anda harus waspada karena sebagian ular ular itu tinggal di lumpur Rawa.

Untuk masuk ke lokasi gua ular ini, pengunjung sangat di anjurkan untuk menggunakan jasa pawang dari desa setempat, sekaligus melakukan ritual kecil sesuai dengan tradisi warga setempat. Biasanya, satu ekor ayam kecil di jadikan kurban untuk acara ritual adat.

Tempat ini konon sudah terkenal secara Internasional, tidak heran jika pada waktu-waktu tertentu dimasa liburan, tidak sedikit wisatawan manca negara yang mengunjungi tempat ini, tentunya terlebih dahulu mengunjungi Labuan Bajo baru ke Lembor, ke Istana Ular tersebut.

Saya pribadi meski sering mengunjungi Lembor, belum pernah mengunjunginya mengingat memang dalam dinas kerja, dan perlu waktu khusus jika ingin kesana dan tentunya harus bersama pawang orang asli sana, dan nyali yang paling penting hehe..

 

One thought on “Istana Ular di Lembor, Manggarai Barat, Flores.. sudah mendunia??

  1. Pingback: 2012 in blogging Annual Report of J.O.U.R.N.E.Y | J.O.U.R.N.E.Y

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s