Akhirnya menginjak Pota


Akhirnya sampai juga saya di Pota, sebuah wilayah di utara Kabupaten Manggarai, tepat di daerah pesisir pantai utara pulau Flores bagian barat. Kawasan yg dikenal rute jalananya luar biasa sulit sekali, karena jalanannya jelek, belum aspal, kombinasi jalan tanah, jalan berbatu, berlubang dan tanjakan curam. Butuh kendaraan khusus untuk bisa melewati jalur itu.

Namun hari tadi, alhamdulillah tidak sesulit yang dibayangkan, hanya sekitar 3 jam perjalanan saja sewaktu berangkatnya dari Ruteng dengan rute Ruteng-Reo-Pota, lebih cepat sejam dari perkiraan semula. Berangkat sekitar jam9, sampai jam 12an. itupun sempat terkendala oleh kendaraan berat yang sedang melakukan pelebaran jalan dan waktu mampir beli makan siang.

Yang luar biasa memang rute jalan dari Reo ke Pota, terutama setelah melewati desa Dampe, jalanannya berbatu dan curam, beruntung tadi agak mendingan, jalanannya sebagian sudah diratakan dengan tanah kapur sehingga tidak terlalu sulit melewatinya, meski tetap harus jeli memiih lintasannya biar tidak slip, untungnya lagi hari tidak hujan. kalau hujan sudah pasti sulit untuk melewatinya

hanya satu tanjakan saja tadi yang agak sulit, sempat tidak bisa melewatinya, mobil sempat mundur, dan sempat turun dulu untuk cari pemberat. kebetulan kami menemukan sekarung kayu bakar dipinggir jalan yang kami simpan di belakang untuk pemberat biar mobil bisa naik melewati tanjakan itu. dan berhasilll

setelah itu sebetulnya ada yang lebih curam lagi, namun beruntung tanjakan itu sudah diperbaiki, udah diratakan dengan tanah kapur sehingga tidak sesulit sebelumnya. dan dengan mudah dilewati tadi. singkatnya tidak ada hambatan yang begitu berarti selama perjalan tadi seperti yg dibayangkan sebelumnya.

terima kaih ya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s