Gempa (lagi) di Labuan Bajo


Kaget siang tadi ada gempa, lumayan kenceng, entah berapa SR karena saya belum menemukan beritanya, hanya saja menurut tetangga kos ada yg bilang pusat gempaya di wilayah Labuan Bajo, pantai barat pulau Flores, kurang lebih 120 KM arah Barat kota Ruteng.

Gempanya terjadi 3x, yang pertama kali yg lumayan kenceng, kebetulan pas saya lagi makan siang di tempat makan sebelah kantor, sehabis shalat zuhur di mesjid jihadul ukhra, tadinya mau makan lesehan, tapi dia tutup. Baru beberapa suap tiba-tiba meja bergetar, lantai bergerak-gerak, kaca bergetar, gempa… orang-orang langsung berteriak, saya pun spontan berlari keluar, belum sampe pintu keluar gempa berhenti, saya pun masuk lagi, terusin makan, laper. eh tiba bergoyang lagi, lebih kecil dan sekitar 1 detikan saja, dibanding yg pertama mungkin 2-3 detik saja, yang ke-2 saya tetap di tempat makan, karena mau lari lagi keluar gempanya berhenti, sampai yg ketiga.

Alhamdulillah masih sebentar saja, kalau agak lama gempa yg pertama bisa membuat hancur bangunan, tembok bisa retak, kaca bisa pecah. ini kali ke-4 saya merasakan gempa di Ruteng, pertama kali sumber gempanya karena aktifitas gunung berapi anak ranaka, yang cukup dekat dari ruteng, waktu itu gunungnya aktif lagi dan berstatus waspada, beberapa kali gempanya, dari lantai 2 kantor sempat berlarian turun kebawah.

kali ke-2 diwaktu shubuh, lumayan kenceng, mirip dengan yang terjadi hari ini, dengan sumber gempa yang sama. Lagi nyenyak tidur saya langsung terbangun dan kaget, untung sebentar saja, tidak sampai terjadi kerusakan, yang lebih kerasa sekali yg di Labua Bajo, masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

kali ke-3 hari rabu kemarin, sore hari menjelang maghrib, pas di hari terjadinya gempa di aceh dan sekitar pantai barat sumatera sana, disinyalir efek dari gempa tersebut sampai ke flores, tidak begitu besar, namun bagi teman-teman saya yang ada di lantai 2 lumayan juga sempat bikin kaget. yang ke-4 hari ini siang tadi, ibu kos saya sempet pingsan katanya tadi, kaget.

Sekarang hujan begitu derasnya, semoga membawa rejeki, menyuburkan tanah, menyuburkan tanaman, menyegarkan udara, menambah stok air bersih, bukan membawa longsor, banjir dan bencana lainnya. amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s