Kumpul Kope


Kope artinya senjata atau parang, begitu kata teman saya. Kumpul Kope berarti acara mengumpulkan parang? mau ngapain? mau perang?

Tentu saja bukan itu maksudnya, ternyata ini acaranya orang yang mau menikah. Kebetulan teman sekantor yang ada di Unit mengundang saya dan teman-teman lain untuk hadir di acara Kumpul Kope sabtu siang tadi.

Acaranya ngapain?

Seperti yang saya singgung tadi, ini dalam rangka persiapan pernikahan. Sebelumnya biasanya sudah dilakukan lamaran atau tunangan, acara kumpul kope, baru kemudian pernikahannya. Di kumpul kope ini datang untuk makan, sekalian perkenalan awal buat calon pengantin kali ya, kalau launching mah mungkin ini Soft Launching-nya sebelum Grand Launching pernikahannya nanti.

Tapi yang lebih penting sebetulnya “Kope”-nya itu, ada amplopnya disini, ups.. amplop yang berisi uang tentunya hehe.. jadi maksud lainnya ini, awalnya acara ini khusus untuk keluarga atau kerabat dekat saja, kesini-kesini jadi meluas sampai ke tetangga, teman kantor dst.. positifnya ya turut membantu yang empunya hajat untuk menikah nanti supaya bisa cukup dan acaranya lancar nanti.

Terus pas pesta pernikahannya di undang lagi gak?

Ya iyalah nanti di undang lagi, itu kan puncak acaranya, inti hajatnya. Terus ngamplop lagi dong? hehe ya terserah lah.. tapi biasanya begitu, pan udah beda lagi. Positif aja sih, karena mungkin sudah menjadi tradisi, sudah saling begitu, ya itu salah satu bentuk tolong-menolong, gotong royong, kekeluargaan yang erat di masyarakat.

Kalau gitu kayak saweran dong? Sumbang-sumbang, fund raising buat nikah?

Bukan, itu acara “Kumpul Kope” :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s