Jember Yang Menantang


Jember, 17 Juli 2012,
Sebulan sudah di Jember, baru selesai do’a dan briefing pagi dikantor, langsung online.Akhirnya bisa menemukan wifi yang gratisan dikantor, yang unlimited waktunya.Disini tidak ada giliran yang membuka do’a dan briefing pagi,mengalir begitu saja.Yang pasti ada semacam adat lokal, kalau yang  membuka harus seorang staff, membuka dengan salam, sapa dan yel-yel, jatuhlah biasanya ke saya, meski ada satu lagi staff dan 5 orang yang masih OJT (On The Job Training), seringan saya, lama- lama jadi spesialis buka do’a pagi disini >__<

Jember dalam hal kerjaan dan lingkungan kerja jauh lebih menantang daripada tempat sebelumnya, masalah yang ada lebih kompleks dan beragam. Disamping size-nya yang lebih besar, karakteristik  masalahnya juga memang beragam, baik dari internal maupun eksternal. Internal sendiri udah kayak  musuh dalam selimut, pagar makan tanaman, ada yang seperti itu? ya ada, saya pikir selalu ada yang seperti itu dimana-mana, diperusahaan atau di institusi manapun. Ada sebagian kecil/oknum yang  merugikan perusahaan demi kepentingan pribadi, Kok dibiarin ada terus? oh tentu tidak, ini butuh  proses dan pemecahan yang adil dan bijak.Semua pasti diproses sesuai ketentuan yang ada. Tinggal tunggu tanggal mainnya dapat keputusan yang setimpal dengan kelakuannya, tidak bisa dibiarkan.

Sisi eksternal tidak kalah sengit, debitur bermasalah disini termasuk kelas berat, jember masih bercokol di papan atas nasional NPL-nya. Dan untuk itulah saya ada disini.. kasian.. nasip..nasip.. kerjaan ini ibarat seperti kerjaan dokter spesialis kalau di kredit, yang ngurusin kredit biasa diibaratkan dokter umum, makanya jangan heran hanya di Bank sini bisa menemukan jabatan mantri, kerjaan untuk ngurusin kredit yang kecil-kecil, kredit mikro. Tidak ada di bank
lain manapun.Kerjaan kredit seperti kerjaan di bidang kesehatan, kayak di Rumah Sakit. Karena perlu perlakuan khusus dalam menangani NPL, jadilah kayak dokter spesialis.

Sebuah tantangan yang tidak mudah sebenernya, Risikonya besar.. bisa nyawa taruhannya. Tapi kalau bisa melewati ini dengan baik, luar biasa juga yang bisa didapatkan, disamping karir tentunya pengembangan diri yang lebih cepat. Hanya saja ya gakkan jadi apa-apa juga kalau hanya seadanya dan biasa-biasa saja.

Sehari-hari berurusan dengan orang bermasalah dengan hutang bisa dibayangkan bagaimana, dan ini bukan hutang yang nilainya kecil, jadi otomatis mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan itu jadi makanan sehari-hari, orang marah, orang kesel, orang maki, orang ngancam, orang nangis dst berurusan dengan lelang, kepolisian, pengadilan, notaris, pengacara dst jadi sesuatu yang baru buat saya.Kalau bisa mengatasi ini dengan baik, credit point-nya akan besar. High Risk High Return tidak selalu hanya tentang Uang.Pengalaman dan kompetensi lebih penting.

Mari bekerja dengan baik, jangan online terus.. hehe

One thought on “Jember Yang Menantang

  1. ah kata siapa mas irwan yang spesialis buka doa pagi? sekarang udah ada kok, sukarelawan lagi dia haha.

    salam,
    bayu
    (salah satu dari 5 yang masih OJT tsb)
    haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s