Bisnis Modal Dengkul


Adakah bisnis semacam ini?

Oh banyak sekali, termasuk Bisnis Perbankan sebetulnya kalau kalau mau di sederhanakan. Tidak salah kalau Bankir itu benar-benar cuman modal bangku/meja, bahkan tidak pake banku/meja pun gak masalah. Kenapa Bisnis Perbankan saya cap sebagai Bisnis Modal Dengkul?

Ya dia di satu sisi kan ngumpulin duit orang banyak, pinjam pake duitnya orang lain, kemudian dia gunakan itu duit untuk dipinjamkan lagi dengan mengenakan margin yang disebut bunga atau bagi hasil bagi yang syariah. Dari margin bunga itu sebagian dia bagikan ke yang punya duit diawal yang dia pinjami. Simple-nya gak jauh beda dari Makelar Uang.. hehe

Bener-bener modal dengkul kan simple-nya, dan kita dalam dunia nyata secara perorangan sangat mungkin bisa menjalankan bisnis yang begituan. Nyambungin yang punya duit sama yang butuh duit, kemudian kita ambil keuntungan dari itu.. sekilas licik ya. Tapi itu fakta.

Gak jauh beda dengan dagang secara umum, untuk dapat pesanan pembelian suatu barang, kita gak mesti keluar modal dulu untuk itu kan? kita gak perlu belanja dulu kemudian baru menjual, tapi kita cari dulu pembelinya baru kita dapatkan barangnya dengan membeli, itu pun pake duitnya pembeli langsung, bisa Cash sekaligus maupun sebagian-sebagian. Yang pasti, ini pasti menguntungkan, selama tidak ada missmatcth antara produk yang dibutuhkan dengan kebutuhan/keinginan si pembeli.

Inilah dunia pemasaran, modalnya ya pemasaran. Kalau kita menguasai keahlian yang satu ini, bisnis pasti jalan tanpa modal khusus untuk itu, baik yang berupa fresh money atau asset lainnya, apalagi berupa aktiva tetap.. berraatt rasanya kalau mulai dari sana kalau kita belum bisa memastikan keuntungannya, risikonya tentu jauh lebih besar dan membutuhkan waktu untuk mengembalikannya. Bisa bertahun-tahun baru BEP..

Jadi bagi yang berbisnis, aspek pemasaran ini hal pertama yang mutlak dikuasai. Baru yang lainnya ngikut..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s