Yang Berbeda di Hari Raya Idul Adha Tahun Ini


Ada yang baru dan berbeda di Idul Adha tahun ini, akhirnya saya sempat juga melaksanakan shalat Idul Adha di Ibu Kota, meskipun dulu pernah 3 tahun tinggal di jakarta, saya belum pernah melakukan shalat Idul Adha di jakarta, selalu pulang ke Bandung dan merayakan Idul Adha bersama keluarga.

Ini pun terjadi diluar rencana, tadinya saya ingin melaksanakan shalat Idul Adha di bandung bersama istri dan keluarga di Bandung. Dari Jember saya pulang via Surabaya kemudian Jakarta untuk menjemput Istri dulu, kemudian baru ke Bandung di malam takbiran, malem jumat kemarin. Namun kenyataan berbicara lain, kondisi jalanan ibu kota ternyata parahhh.. macet melanda dimana-mana, pesan taxi saja sulitnya minta ampun.

Dan ternyata tidak hanya di Ibu Kota saja, di jalan tol menuju Bandung juga macetnya parahh.. bahkan untuk naik bisnya saja orang ngantri panjang.. ada yang dapet antrian ke 1.005.. antrian macam apa itu??ngantri hingga angka ribuan, melihat itu semua, maka urunglah niat saya pulang ke bandung malam itu. Dan akhirnya memutuskan menginap dan shalat idul adha di jakarta bersama istri saya.

***

Pagi-pagi setelah menunaikan shalat shubuh sekitar pukul 6 pagi saya bersama istri saya mencari tempat pelaksanaan shalat idul adha terdekat, kami menginap di daerah Pejompongan, Jakpus.

“Kok gak kedengeran ada orang takbiran ya” pikirku.

karena biasanya selepas shalat shubuh kalau di Bandung sudah ramai terdengar takbir dari mesjid, orang-orang tampak tidak sabar untuk segera datang ke lapangan tempat shalat Idul Adha digelar, bahkan kalau ibu-ibu itu sampai booking lapang segala di lapangan jauh sebelum jamnya, biasanya ba’da shalat shubuh sudah pada booking tempat dengan menggelar sejadahnya masing-masing di lapangan, termasuk ibu saya tentunya, kalau gak gitu alamat gak kebagian tempat yang pas nantinya, keburu kepenuhan.

Nah pemandangan yang jauh berbeda saya temukan di daerah pejompongan itu, udah jam 6 pagi, gak kedengeran takbiran, kemudian akhirnya ketemu mesjid dan disampingnya tampak hamparan karpet sejadah mesjid itu, pertanda disitu akan digelar shalat Idul Adha, tapi kok sepi banget ya, belum ada yang datang, lengang.. kemudian kami berjalan lagi, siapa tahu ada yang sudah siap dan lebih cepat, ternyata yang kita temukan lebih parah, kalau yang tadi disiapkan karpet sejadah di lapangan, yang ini bener-bener kosongan, lapangan tenis jadi tempat pelaksanaan shalat Idul Adha-nya, tapi gak disiapkan karpet, orang harus bawasendiri alasnya.. dan yang baru saya alami, ditempat yang kedua ini, panitia setempat memasang sound system besar dan memutar kaset takbiran.. jadi takbirannya pake kaset.. tidak langsung.. gimana ini? cukup aneh buat saya.. dan sama-sama masih sepi, belum pada datang, padahal hari sudah terang, seingetku kalau Idul adha kan anjurannya itu dipercepat untuk persiapan penyembelihannya nanti biar gak kesiangan.

Akhirnya kami kembali ke tempat yang pertama yang pake karpet itu, karena tempatnya enakan, walaupun kami harus menunggu sampe 1 jam baru orang-orang pada datang, jadi ceritanya dijadwalkannya memang pada pukul 07.00 pagi baru dimulai, bagi saya itu udah kesiangan.. mestinya bisa lebih pagi sesuai anjuran semestinya. Akhirnya kami shalat disitu, dan ajiib.. habis shalat Idul Adha kok banyak orang yang langsung pulang ya.. pan ceramahnya baru mau dimulai, belum selesai,,tanpa malu, tanpa ragu, langsung berdiri dan pulang ke rumah masing-masing dihadapan Khotibnya.. cuek aja gitu, masya allah.. Datang Paling Siang, Pulang Paling Awal, pas banget tuh..

Itu sedikit pengalaman baru tentang Idul Adha, ini kali ke-3 idul Adha diluar Bandung, kampung halamanku, tahun kemarin di Ruteng, tahun sebelumnya di Lamongan.. pengalaman yang cukup berkesan.

Sedikit berbagi saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s