Banjir Jakarta Banjir


Banjir Jakarta Banjir.. ada 2 banjir, Banjirnya itu sendiri, dan “banjirnya berita” banjirnya itu sendiri. Dunia semakin sempit, sudah bukan hal yang istimewa lagi kalau yang namanya informasi pada jaman sekarang ini dapat menyebar begitu pesat dan live.. real time dan bikin heboh sa-Republik, bahkan mungkin sa-Dunia, meskipun bagi saya pribadi dan mungkin bagi kita semua yang namanya Jakarta Banjir mah udah bukan berita baru lagi, saking biasanya mungkin sudah bosen dan jemu melihat dan mendengarnya.

kurang lebih 3 tahun saya tinggal di Jakarta sejak 2008-2011, memang saya tidak mengalami banjir besar yang terjadi tahun 2007 yang sampai masuk ke Istana dan halaman Monas itu, tapi tetap saja banjir selalu terjadi di musim hujan, terutama di awal tahun sekitar Bulan Januari-Februari puncaknya.

Yang paling parah yang saya alami adalah ketika saya bekerja di bilangan daerah Blok M,kantor tempat saya bekerja ada di dekat terminal Blok M, setelah hujan deras terjadi pasti banjir, menyingsingkan celana sampai diatas lutut, beralaskan sendal berjalan ditengah genanggan banjir, jalanan macet parah, sampai saya memutuskan untuk jalan kaki untuk pulang ke kosan saya di bilangan Jl Fatmawati dekat ITC Fatmawati karena kendaraan dijalan sama sekali tidak bergerak, macet parah, diguyur hujan pula.

Lebih parah lagi teman kerja saya yang rumahnya di Bogor yang hendak pulang dengan bawa mobil sendiri, ditengah kemacetan seperti itu memutuskan untuk membelokkan dan memparkirkan mobilnya di pelataran sebuah Pom Bensin, dan disitu berhenti, istirahat tidur, sampai lewat tengah malam baru bisa jalan pulang. Banjir Jakarta bener-bener memang bikin stress orang kalau tidak bisa sabar menghadapinya.

Untuk mengatasinya tidak bisa instan, tidak bisa itungan 1-5 tahun, ini proyek jangka panjang, tidak hanya proyek perbaikan infrastruktur atau fisik semata, tapi proyek memahamkan manusianya, memahamkan seluruh penduduknya tentang arti sebuah kebersihan, ketertiban dan kedisiplinan. Keduanya harus ketemu dalam satu titik solusi yang pasti dan berkelanjutan.

Ayo Jakarta, Berubahlah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s