Mengenalkan Allah Kepada Anak Kita


Nah.. sebenarnya, bagaimanakah mengenalkan Allah pada anak? Sebelumnya kita bahas dulu, kunci agar anak berprasangka baik terhadap Allah, dan mengingatNya sebagai Dzat yang paling layak kita ingat.

1. Berpijak pada Rahman dan Rahim.

Ingatlah selalu bahwa Allah itu sangat menyayangi kita. Selalu kaitkan semua pelajaran ibadah, tauhid, bahkan apapun yang kita ingin kenalkan tentang Allah dan islam, dengan kasih sayang Allah.

2. Kitalah yang membutuhkanNya

Bukan sebaliknya. Ingat, Ibadah kita, segala yang kita lakukan adalah untuk diri kita sendiri. Allah sama sekali tidak memerlukannya. Kitalah yang memerlukan shalat, kitalah yang memerlukan puasa, semua perintah Allah adalah full untuk kepentingan dan kebutuhan kita. Dan inilah yang kita tekankan pada anak. Bacalah buku-buku hikmah shalat, puasa, dan anda akan menemukan bahwa Allah memerintahkan itu, untuk kebaikan manusia sendiri. Bila anak bertanya tentang mengapa kita melakukan suatu ibadah, inilah jawaban anda, dan jangan menjawab karena diancam neraka/siksa.

3. Kita sangat berhutang budi padaNya.

Berapa banyak nikmat Allah yang telah diberikan pada kita, baik secara sadar, tidak sadar, ataupun tersembunyi? Ingatlah dan sebutkan kebaikan Allah pada kita, setiap saat, setiap detik. Inilah yang menjadi landasan untuk berterimakasih padaNya lewat shalat, dzikir dan ucapan syukur. Bila anak anda bertanya mengapa harus shalat, mengucap alhamdulillah, sedang putus asa atau bersyukur atas sesuatu maka inilah landasan jawaban anda.

4. Tiada sesuatu yang terjadi melainkan dengan izin dan pertolonganNya.

Ketika suatu doa terkabul, atau suatu nikmat terjadi pada anak, maupun pada kita semua, jangan lupa untuk mengkaitkannya dengan pertolongan Allah.

Jangan lupa, bahwa bayipun mengerti perkataan kita. Jadi, meski anak kita belum bisa berbicara, terangkanlah pada dia, seolah dia ikut berbicara. Percayalah bahwa dia mengerti setiap kata yang kita ucapkan. Jangan lupa untuk menggunakan kata yang sesederhana mungkin.

1. Selalu menyebut-nyebut nikmat Allah yang diberikan pada kita

Bila sedang bersama anak (bayi), dan dia tidak sedang asik bermain, sibukkanlah diri kita untuk menunjukkan berbagai nikmat Allah yang diberikan pada kita, baik berupa fisik maupun non fisik. Selalu akhiri dengan kata ‘Allah baik yah dek?’

2. Ketika anak sedang tertarik pada suatu makhluk hidup, jangan lupa untuk membahas nikmat Allah yang diberikan pada makhluk hidup itu.

Misal, anak sedang senang pada kura-kura, atau ikan. Maka, bahaslah bahwa ikan itu hidup di air. Kalau ngga ada air, ikan bisa mati. SIapakah yang menciptakan air? Allah. Alhamdulillah bahwa Allah sayang pada si ikan, sehingga diciptakannya air untuk bernafas ikan itu. ikan itu makannya tumbuhan air.

Siapakah yang membuat tumbuhan air dan menumbuhkannya? Allah.. dst, dst.. hingga suatu saat ketika ada adik bayi lahir/tetangga melahirkan, bahaslah bahwa Allah memberikan nikmat apa saja pada si bayi, yang nantinya akan besar menjadi seperti kita (anak dan orang tua). Jangan lupa untuk selalu mengakhiri dengan kata kunci ‘Allah baik ya?’

3. Ketika anak sedang senang pada suatu jenis masakan, ceritakanlah perjalanan masakan itu pada kita.

Dari hewan/tumbuhan apakah masakan itu, diolah seperti apa, lalu dimasak seperti apa, hingga sampai di meja makan. Sebutkanlah peran serta Allah disana.

4. Ketika anak diberi mainan/hadiah oleh siapapun, ceritakan perjalanan hadiah itu hingga ketangannya. Sebutkan peran serta Allah disana. selalu akhiri dengan kata kunci

5. Ketika merayakan ulang tahunnya, sebutkanlah berbagai nikmat Allah yang telah diberikan padanya

Ingat, lakukan hanya bila keadaan sedang mendukung, anak sedang dalam kondisi senang, dan tidak dalam kondisi bosan atau capek dengan perkataan kita

*Sumber :

Tips Mengajarkan Islam Pada Bayi dan Balita

Rumah Qurani melalui http://tiga-rani.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s