URGENT!!! TRANSPORTASI PUBLIK YANG NYAMAN


Indonesia… semoga negara kita tercinta ini mau berubah,tidak sekedar berubah biasa, tapi berubah dengan lebih cepat. Melakukan akselerasi.

Yg menjadi kebutuhan mendesak adalah transportasi publik yang nyaman. Utamakan dulu kota-kota besar saja yg menjadi ibu kota propinsi atau ibu kota kabupaten. Karena kota itu menjadi jantung aktifitas rakyat, kalau transportasi tersendat, bagai urat nadi yang tersendat, itu jantung bisa kena serangan jantung tiba-tiba, darah tidak mengalir, tubuh akan sakit. Pun sama, kota pun akan sakit, masyarakat pun demikian.

Jujur saja pihak-pihak yg terkait perubahan ini kelihatannya tidak sadar dengan itu, bahwa kebutuhan akan itu semakin tinggi tidak direspon dengan perubahan yg serius, akhirnya terlambat, ketika terlambat, masalah sudah berkali lipat, solusipun mesti sangat cerdas dan outstanding, bukan lagi solusi yg biasa, tapi harus luar biasa. Dari mana solusi ini bisa lahir? Tentu dari bukan orang-orang yang biasa juga,tapi mesti orang yang luar biasa.

Salah satu contoh adalah Kota Bandung, sebagai urang bandung asli, saya menyaksikan perubahan yang sangat cepat di kota ini, tapi respon dari pemerintah setempat masih jauh dari kecepatan perubahannya, sehingga masalah pun banyak yg tidak terantisipasi sejak awal, yg sederhana ya itu masalah transportasi publik. Yg sangat urgent sekarang itu, masalah sudah terlanjur terjadi: kapasitas jalan tidak memenuhi, kualitas jalan yg buruk, bangunan transportasi publik seperti terminal bis, stasiun kereta, dan bandara belum terkelola dengan baik, tidak nyaman, over capacity, kendaraan umumbelum memadai.. akibatnya macet sulit dihindari, jalanan sembrawut, pengguna jalan pun banyak yg yg cari jalan pintas melanggar aturan, ini tidak sehat terhadap psikologis warga kota.. peradaban pun mundur kalau orang tidak bisa menghargai satu sama lain

Kalau anggaran adalah masalah utama, saya tolak mentah mentah!!! Mesti itu masalah pengelolaan yg buruk, manusia yg koruptif, manusia yang tidak jujur, tidak percaya, tidak cerdas dan tidak peduli. Jadi mulai dari manusianya dulu, masyarakat itu gak keberatan bayar pajak kalau penggunaannya jelas dan tepat, investor itu banyak, yg penting bisa dipercaya dan bertanggungjawab.. itu!

image

Bandara Husein Sastranegara Bandung, setiap akhir pekan sangat padat, gedung bandara, parkir, butuh ruang yang jauh lebih besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s