Konvergensi Makna Hidup dan Kehidupan


Ah, istilahnya sok ilmiah sekali, tapi yang pasti saya bukan Vicky! Saya Not 29 my age hehe

Pernah saya menulis tentang istilah konvergensi disini, ibarat Lup atau kaca pembesar dengan lensa cembung, alat ini membuat cahaya yang masuk terkumpul, terkonsentrasi di tengah, hingga menghasilkan hasil pemadatan cahaya yang terpancar kembali keluar di sisi lainnya, namun berbeda dari bentuk cahaya inputnya..jika katakanlah inputnya itu cahaya matahari yang biasa saja, tidak panas, outputnya itu berbeda, jadi panas, malah bisa membakar. Itulah proses konvergensi yang saya maksud, membuat input-input terkonsentrasi, menyatu, menghasilkan output yang luar biasa, lebih baik dan lebih bermanfaat.

Akan luar biasa juga diri kita dalam hidup ini bisa melakukan konvergensi semacam itu, dari setiap input yang kita terima dalam setiap aktifitas, kita jadikan output yang terkonsentrasi, terintegrasi, menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Seperti apa kongkritnya?

Kita tentu sudah banyak belajar, sudah banyak mendapatkan input berupa hasil pemahaman dari bacaan-bacaan ilmu dan pengetahuan, input pengalaman-pengalaman kejadian, atau mendapatkannya dari orang lain dan lingkungan di sekitar kita. Konvergensi kesemua itu adalah kita membentuk semua input itu, mengarahkan semua input itu, menjadi satu makna, jadi sesuatu yang bisa kita ciptakan, kita berikan, ada value, ada manfaat dari hasil input itu.

Makna lain dari konvergensi ini adalah bisa berbentuk sebuah prinsip,sebuah visi, sebuah misi, sebuah tujuan, yang kemudian diturunkan menjadi agenda dan jadwal kegiatan kita, sebuah target yang harus kita capai. Dengan demikian, hidup kita, kesibukan kita akan lebih terarah, lebih terfokus, sehingga menghasilkan output manfaat, output karya, yang jauh bernilai, jauh bermakna. ITU yg harus kita miliki, dan setiap saat kita jaga dan perbaharui terus menerus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s